Headlines News :

Home » » Madu Obat Sakit Tenggorokan Dan Batuk Secara Alami

Madu Obat Sakit Tenggorokan Dan Batuk Secara Alami

Written By Unknown on 11 Juni 2012 | 00.53

Madu untuk Obat batuk


Madu obat mujarab
“Keluarlah dari perutnya (lebah) minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia.” (An-Nahl: 69)

Ternyata sakit tenggorokan dan batuk dapat diobati dengan madu, dan tentunya ini merupakan alternatif obat secara alami. Pada dasarnya, madu selama ini dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa menambah stamina dan membuat tubuh tetap bugar. Tapi studi terbaru menunjukkan bahwa madu juga bisa meringankan sakit tenggorokan dan batuk.

Hal tersebut telah dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, anak-anak yang menerima dosis kecil madu sebelum tidur akan memiliki kualitas tidur lebih baik dan mengurangi frekuensi batuknya. Kondisi ini lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang diberikan obat.

Penelitian tersebut merupakan kali pertama madu telah benar-benar terbukti bisa digunakan sebagai pengobatan. Penelitian yang melibatkan 105 anak berusia 2-18 ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok anak yang diberikan sirup obat rasa madu, kelompok anak yang diberikan madu dan kelompok anak yang tidak diberikan apa-apa.

Pada umumnya, madu memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan obat-obatan, serta tidak memiliki efek samping seperti pusing atau mengantuk dan gejala efek buruk lainnya. Tapi perlu diperhatikan juga bagi mereka yang alergi terhadap madu untuk tidak mencoba tips ini.
Sebenarnya telah lama diketahui bahwa demulcents seperti madu bisa menenangkan iritasi selaput lendir, dengan demikian bisa menghilangkan iritasi yang dapat memicu refleks batuk. Dan umumnya obat batuk memiliki fungsi yang sama.

Kini saatnya kita merekomendasikan madu sebagai obat karena memiliki beberapa kelebihan, di antaranya, lebih aman untuk digunakan dibanding obat yang mengandung bahan kimia, serta termasuk obat tradisional yang sudah umum di masyarakat.

Untuk itu minum teh atau air jeruk nipis hangat yang dicampurkan dengan madu bisa menjadi cara yang efektif mengurangi sakit tenggorokan serta menekan batuk, sehingga seseorang bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Umumnya madu diberikan sebanyak dua sendok teh (10 ml).

Namun, sebaiknya orang tua tidak memberikan madu pada anak yang berusia di bawah satu tahun karena berisiko mengalami botulisme pada bayi.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari studi penelitian tentang kasiat madu tersebut adalah bahwasanya, madu dapat dimanfaatkan untuk meringankan keluhan sakit tenggorokan (radang) serta batuk yang biasa mengganggu kesehatan kita.

Sumber: koranterbaru
Share this article :

3 komentar :

Loading....

Sering dilihat

Jadwal Sholat

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Copyright © 2011. Maheswaranet - Just out of my mind - All Rights Reserved
Support : Maz Template
Template Edited by Ilu2Mz
Proudly powered by Blogger