Headlines News :

Home » » Tidur Siang, Jaga Kesehatan Jantung

Tidur Siang, Jaga Kesehatan Jantung

Written By Unknown on 11 Juni 2012 | 00.52

tidur siang


Sebuah studi dilakukan oleh Ryan Brindle dan Sarah Conklin, Universitas Allegheny di Pennsylvania, seperti dikutip dari indiatimes. Studi tersebut menemukan bahwa ada efek positif yang ditimbulkan setelah tidur siang. Efek tersebut mempengaruhi kondisi saluran cardiovascular yang membantu menjaga tekanan darah tetap seimbang setelah tidur kurang lebih 1 jam, setiap harinya.

Pekerjaan berat yang melibatkan aktivitas fisik maupun pikiran, menimbulkan kelelahan fisik dan otak, tak heran bila stress membuat orang cemas dan tekanan darah menjadi tidak seimbang. Hal ini kemudian memaksa jantung bekerja lebih keras, akibatnya tentu saja jantung kelelahan.

Studi ini melibatkan 85 orang relawan yang dibagi menjadi dua kelompok, di mana salah satu kelompok secara rutin melakukan tidur siang selama 60 menit, dan kelompok lainnya melakukan aktivitas seperti biasa.

Kuesioner kemudian dibagikan, masing-masing orang diperiksa tekanan darah dan interval denyut nadinya. Dari sinilah Brindle dan Conklin menyimpulkan, ada sebuah keuntungan yang diciptakan bagi jantung, saat tubuh beristirahat di siang hari.

Tingkat stress kedua kelompok memang tidak terpaut perbedaan yang besar, tidur siang juga tak membantu menurunkan stress secara drastis. Namun, dibandingkan dengan yang tidak tidur siang, tekanan darah dan interval denyut nadi mereka yang tidur siang, lebih stabil.

"Dari hasil penelitian ini kami sangat menganjurkan tidur siang demi kesehatan jantung, menurut prediksi kami, tidur siang juga membantu meringankan beban stres dan pekerjaan. Memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang hal ini, namun problem kesehatan jantung dan penyakit lain berawal dari kualitas tidur yang kurang baik," tutup Brindle dan Conklin.

Sumber: Kapanlagi
Share this article :
Loading....

Sering dilihat

Jadwal Sholat

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Copyright © 2011. Maheswaranet - Just out of my mind - All Rights Reserved
Support : Maz Template
Template Edited by Ilu2Mz
Proudly powered by Blogger