Headlines News :

Home » » Virus Komputer lebih cerdik dari Program Anti Virus

Virus Komputer lebih cerdik dari Program Anti Virus

Written By Unknown on 16 Juni 2012 | 23.38

Virus Komputer lebih cerdik dari Program Anti Virus 

Sistem Keamanan Komputer tidak seperti yang kita pikirkan!!!


Flash disk, Virus, Worm, malware, trojan, anti virus
Flashdisk bisa menjadi media penyebar Virus
Orang awam sekalipun, setidaknya pernah mendengar tentang Virus komputer. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dari satu komputer ke komputer lain dengan cara menyisipkan potongan atau salinan dirinya ke dalam program atau file lain.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada file dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali pada kinerja sistem komputer.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras. [wikipedia]

Ada banyak virus yang dapat menginfeksi sistem komputer, dan terkadang sangat sulit untuk menentukan virus apa yang telah menginfeksi komputer kita, sehingga semakin banyak pengetahuan yang kita miliki dalam hal virus komputer tentunya akan lebih baik.

Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.  [wikipedia]

Tentunya, sedia payung sebelum hujan. Bekali sistem keamanan komputer kita dengan cara memasang program anti virus. Namun, kita harus pandai dalam memilih program anti virus dikarenakan  tidak sedikit program virus yang disamarkan sebagai program anti virus alias Anti Virus Palsu dan umumnya berbalut nama anti-spyware semisal -- the System Security 2012 virus -- yang banyak ditawarkan secara gratis di internet. (Anti Virus yang komersial namun free juga banyak... heheheh..)


The System Security 2012 virus sebenarnya adalah Virus Sistem Keamanan yang menampilkan peringatan keamanan palsu dan membuat pengguna berpikir bahwa komputer mereka terinfeksi virus. Program Anti Virus ini meniru produk Anti Virus "Asli" dan mampu melakukan scan sistem, namun scan ini adalah PALSU. Walaupun tak sedikit program Anti Virus papan atas seperti NOD32, Norton Anti Virus, dan lainnya juga melakukan hal yang sama yaitu memberikan False Alarm (peringatan yang keliru) pada pengguna setelah mendeteksi adanya kode tertentu dalam sebuah file yang discan. Namanya juga buatan manusia.. :D

Setelah Anti Virus "Palsu" tersebut melakukan scan sistem,, ia memberitahukan pada pengguna bahwa komputer telah terinfeksi dengan sedikitnyanya enam virus dan salah satu dari enam virus sangat berbahaya dan memiliki kemampuan untuk mencuri informasi kartu kredit pengguna. Virus Sistem Keamanan akan terus menampilkan peringatan keamanan palsu hingga pengguna berhasil menghapus virus Sistem Keamanan tersebut dari komputer.

Setelah Virus Sistem Keamanan berhasil menyusup ke komputer pengguna dan meniru program keamanan yang sah, umumnya pengguna akan kesulitan membedakan mana program sistem keamanan yang sesungguhnya "ASLI" dan mana yang palsu dikarenakan banyak kemiripan.

Namun, sepertinya -- The System Security 2012 -- virus sengaja disebarkan oleh pihak - pihak yang terkait erat dengan pengembang program Anti Virus dalam rangka mempromosikan produk piranti lunaknya.

Dua karakteristik menjengkelkan lainnya yang berhubungan dengan virus Sistem Keamanan adalah diblokirnya (disable) Windows Task Manager dan disable program hijack lain yang dirancang untuk melindungi informasi dan keberadaan virus tersebut.supaya tidak dihapus (Kill). Dan masalah terbesarnya adalah mengarahkan pengguna ke situs internet yang berbahaya.

Jika virus tersebut  sudah sedemikian mengakar penyebaran dalam sistem komputer, maka solusi yang terbaik adalah Install Ulang sistem........ hohohoho.. akhirnya!!

Share this article :

1 komentar :

  1. Nice posting sob..

    makasih atas info dan sarannya..

    jangan lupa kunjungi balik web kami di
    http://stisitelkom.ac.id

    BalasHapus

Loading....

Sering dilihat

Jadwal Sholat

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Copyright © 2011. Maheswaranet - Just out of my mind - All Rights Reserved
Support : Maz Template
Template Edited by Ilu2Mz
Proudly powered by Blogger