Headlines News :

Home » » Alan Turing, Seorang Gay Penemu Komputer

Alan Turing, Seorang Gay Penemu Komputer

Written By Unknown on 23 Juni 2012 | 15.10


Alan Turing, Ilmu Komputer, Filsuf, Visioner, Matematika
Alan Mathison Turing
Hari ini adalah ulang tahun seorang pakar matematik dan penemu ilmu komputer "Alan Turing" dan di hari ini Google memperingati 100 tahun kelahiran Alan Turing, dengan menyajikan sebuah logo khusus Google untuk Alan Turing.

Nama lengkapnya adalah Alan Mathison Turing (lahir 23 Juni 1912) adalah seorang metematikawan, filsuf, pemecah kode sandi, dan seorang visioner unik dan brilian berkebangsaan Inggris sekaligus penemu ilmu komputer. Alan Turing sangat berjasa dalam perkembangan ilmu komputer, dan dikenal sebagai pencetus konsep “algoritma” dan “komputerisasi” dengan mesin Turing ciptaannya. Atas jasanya dalam proses komputerisasi modern, Alan Turing mendapat gelar kehormatan sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Hidup Alan Turing begitu singkat namun luar biasa. Pemikiran dan hasil karyanya banyak diminati dan dinikmati masyarakat dunia.
Logo Google, Alan Turing, Ilmu Komputer
Logo Google - Alan Turing

Alan Mathison Turing
Lahir23 Juni 1912
Maida Vale, London, Inggris
Meninggal07 Juni 1954 (umur 41)
Wilmslow, Cheshire, Inggris
Tempat tinggalBritania Raya
KebangsaanInggris
BidangMatematikawan
InstitusiUniversity of Manchester
National Physical Laboratory
Government Code and Cypher School
University of Cambridge
Alma materUniversity of Cambridge
Princeton University
Pembimbing
akademik
Alonzo Church
Mahasiswa
doktoral
Robin Gandy
Dikenal atasHalting problem
Turing machine
Cryptanalysis of the Enigma
Automatic Computing Engine
Turing Award
Turing Test
PenghargaanOfficer of the Order of the British Empire
Fellow of the Royal Society
Selama Perang Dunia II, Alan Turing bekerja untuk GCCS di Bletchley Park, sebuah pusat pengkodean di Inggris. Ia menjabat sebagai kepala Hut 8, yang bertanggung jawab untuk pembacaan sandi angkatan laut Jerman. Dia berhasil menemukan sejumlah teknik untuk memecahkan algoritma Cipher Jerman, termasuk cara Bombe, sebuah mesin elektromekanis yang dapat menemukan pengaturan untuk mesin Enigma.

Alan Turing memahami bahwa komponen elektronik menawarkan kecepatan, kapasitas penyimpanan dan fungsi logis yang dapat dijadikan sebagai 'kaset' dan tabel instruksi dimana data dan tabel instruksi bisa disimpan dan dimanipulasi secara bersama-sama.

Pada Februari 1952, Alan Turing ditangkap dan diadili oleh pengadilan Inggris atas perselingkuhan seksualnya (homoseksual) dengan seorang pria muda Manchester yang ketika itu homoseksual masih ilegal di Inggris. Alan Turing dihukum dan harus menjalani suntikan estrogen untuk meniadakan dorongan seksualnya sebagai pengganti hukuman penjara.

Alan Turing meninggal pada 7 Juni 1954, hanya dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-42, diduga akibat keracunan sianida. Penyelidikan menyebutkan bahwa Alan Turing bunuh diri, ibunya dan beberapa orang lain percaya bahwa kematiannya adalah sebuah kecelakaan.

Pada tanggal 10 September 2009, Perdana Menteri Inggris Gordon Brow secara resmi membuat permintaan maaf kepada publik atas nama pemerintah Inggris yang telah memperlakukan Alan Turing dengan tidak manusiawi. Padahal Alan Turing adalah seorang pahlawan perang Inggris selama perang Dunia II. "Gordon Brown: I'm proud to say sorry to a real war hero"

Sumber: wikipedia, Plato Stanford, Turing
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Loading....

Sering dilihat

Jadwal Sholat

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Copyright © 2011. Maheswaranet - Just out of my mind - All Rights Reserved
Support : Maz Template
Template Edited by Ilu2Mz
Proudly powered by Blogger